Jasa Pembuatan Website Profesional E-Commerce murah


Jasa Pembuatan Website Profesional

Jasa pembuatan website profesional - Saat ini perkembangan bisnis secara global sudah terjadi cukup pesat, hal ini berhubungan dengan perkembangan teknologi yang juga semakin maju khususnya berkaitan dengan internet. Dari perkembangan internet yang sudah mudah untuk diakses baik dari desktop atau perangkat mobil, menyebabkan muncul sistem bisnis yang disebut dengan E-Commerce.


Secara umum E-Commerce adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan dan diakses melalui internet. E-Commerce ini menjadikan bisnis online menjadi potensial. Didukung dengan internet yang sudah menjadi sebuah kebutuhan membuat siapapun dapat melakukan apapun yang diinginkan karena internet. Bisnis E-Commerce sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:



Pembuatan website profesional E-commerce meliputi


E-Commerce C2C ( Customer to Customer )


Bisnis online yang dapat mudah diakses melalui internet dan menggunakan sistem E-commerce C2C adalah situs website marketplace. Marketplace adalah sebuah tempat bisnis E-commerce yang menyediakan fasilitas berupa tempat bertransaksi dana ke customer dan juga sebagai sarana promosi online. Secara garis besar marketplace menyediakan fasilitas untuk pihak penjual. Beberapa contoh website marketplace di Indonesia adalah Tokopedia atau Elevania, sedangkan untuk website marketplace luar negeri ada eBay atau Flippa.



E-Commerce B2B ( Business to Business )


Bisnis lainnya adalah E-commerce B2B, bisnis ini biasanya dilakukan oleh 2 pihak yang akan sama-sama memberikan keuntungan dan sudah tentu memiliki sifat berkelanjutan. Contoh mudah untuk Anda menemui E-commerce B2B ini adalah 2 perusahaan yang melaksanakan transaksi jual beli di sebuah kesepakatan kerja.



E-Commerce B2C ( Business to Customer )


Jenis ketiga dari E-commerce ini adalah B2C atau Business to Customer. Lebih jelasnya lagi adalah bisnis dari perusahaan langsung dengan konsumen. Di Indonesia sendiri nyatanya jenis bisnis ini sudah cukup popular, contohnya saja adalah online shop dimana pembeli bisa langsung berkomunikasi hingga bertransaksi secara langsung kepada pihak penjual.




Jasa Pembuatan Website Profesional E-Commerce murah

Pembuatan website profesional yang perlu Anda ketahui


Single vendor vs multi vendor


Marketplace adalah sebuah pasar digital yang menyediakan lebih banyak produk dengan berbagai jenis dan merek, dimana setiap produk tersebut datang dari vendor yang berbeda-beda. Itulah yang menyebabkan marketplace disebut sebagai pihak ketiga karena marketplace yang mempertemukan vendor dan customernya. Sebagian situs marketplace juga memberi fasilitas pada tiap-tiap vendor untuk bergabung dan bekerjasama secara gratis. Namun ada kekurangan di dalamnya, karena sifat dari marketplace open space. Maka persaingan pun terjadi dengan ketat. Jadi untuk Anda yang bergabung dengan marketplace, jangan terlalu berharap untuk mendapatkan keuntungan berlipat.


Lain cerita dengan E-commerce yang lebih kepada aktivitas berbelanja online dengan jangkauan yang lebih kecil. Karena situs ini memasarkan produk atau jasa hanya berasal dari vendor yang sama tanpa ada pilihan produk atau jasa dari merek lainnya.



Perbedaan model bisnis


Marketplace dengan sistem B2B atau Business to Business yaitu sebuah bisnis online yang melayani sebuah bisnis atau vendor yang ingin memasarkan produknya, atau marketplace dengan sistem B2C atau Business to Customer yang lebih mengarah pada vendor anggota langsung melayani customer.


Sedangkan untuk E-commerce hanya menerapkan sistem yang sama dengan B2C tanpa melibatkan bisnis lain.



Perbedaan sumber profit


Karena hanya sebagai pihak ketiga yang bertugas untuk mempertemukan vendor dengan customer, maka marketplace pun tidak akan mendapatkan apapun dari transaksi jual beli yang telah terjadi. Profit marketplace itu sendiri datang dari pihak vendor yang baik dimana mereka ingin menjadi vendor premium atau pihak yang ingin memasang iklan pada situs marketplace.


Sedangkan untuk E-commerce, mereka mendapatkan profit yang sudah jelas datang dari transaksi antara mereka sendiri dengan pihak customer. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika suatu saat situs E-commerce juga menyediakan layanan space iklan untuk disewakan kepada para pihak lainnya.



Perbedaan proses pembayaran


Perbedaan akan tampak jelas dari proses pembayarannya, sebuah marketplace sebagian besar dari mereka berperan sebagai pihak ketiga yang bersedia menyimpan uang pembayaran dari customer sampai customer mengirimkan konfirmasi saat barang yang dipesan atau dibeli sudah sampai dengan rasa memuaskan sehingga untuk selanjutnya pembayaran baru bisa diteruskan kepada pihak vendor. Proses pembayaran inilah yang membuat para customer merasa lebih yakin bahwa vendor-vendor yang telah bergabung tentu terpercaya.


Lain dengan E-commerce, dana yang dibayarkan customer akan langsung masuk ke pihak vendor yang terkait. Karena memang di sini tidak ada pihak manapun yang menjadi penengahnya.



Itulah beberapa hal dari jasa pembuatan website profesional


Melihat dunia internet sudah semakin mempermudah dan menjawab setiap kebutuhan kita, apakah Anda tidak tertarik untuk menjadi pemilik dari E-commerce? Miliki website sebagai pintu awal Anda memiliki E-commerce yang sukses. Dan wujudkanlah bersama kami Blinq Digital, web development terpercaya dan terbaik.


5 views0 comments

Recent Posts

See All