Mengenal Jenis Kulit dan Cara Perawatan Wajah Berjerawat



Meskipun sahabat Maggie setiap hari menyentuh dan memandangi diri Anda di cermin, tetapi tidak semua orang mengetahui jenis kulit yang dimilikinya dan bagaimana bisa melakukan perawatan wajah berjerawat yang harus anda lakukan denagn benar. Padahal dengan mengenali jenis kulit membuat Anda menjadi mudah untuk memilih produk perawatan yang tepat.


Demi memahami dan meyakinkan jenis kulit yang dimiliki oleh sahabat Maggie, yuk coba 3 langkah berikut ini untuk mengetahuinya secara pasti.



Siapkan cermin


Tidak perlu untuk mengeluarkan uang dengan mendatangi ke klinik kecantikan atau dokter kulit ternama, sahabat Maggie dapat mengetahuinya dengan melakukan cara mudah ini di rumah. Ambil sebuah cermin yang berukuran cembung agar dapat melihat permukaan wajah secara jelas.



Memperhatikan pori-pori kulit


Setelah cermin cembung telah berada di depan Anda maka Anda dapat melihat kondisi pori-pori wajah Anda. Jika sahabat Maggie memiliki pori-pori yang cukup terlihat besar dan permukaan wajah Anda tampak seperti kulit jeruk berarti Anda memiliki jenis kulit berminyak. Jika kondisi pori-pori Anda sebaliknya, berarti jenis kulit keringlah yang Anda miliki. Dan untuk jenis kulit kombinasi maka akan memberikan tanda seperti berikut ini yaitu pori-pori akan terlihat besar di daerah T-zone namun tidak nampak di pipi sahabat Maggie.



Jika tanda-tanda di atas tidak ada pada diri Anda, berarti kulit yang dimiliki oleh sahabat Maggie adalah kulit normal.


Mencubit kulit


Untuk memastikannya sekali lagi, coba cubit pipi sahabat Maggie. Bila pipi Anda terasa lembut dan kenyal, maka sahabat Maggie perlu bernafas lega karena kulit Anda termasuk jenis kulit yang bagus dan terhidrasi dimana kulit Anda tidak tergolong kulit kering atau kulit kombinasi. Sedangkan saat kondisi wajah Anda terlihat berkerut saat dicubit, maka bisa dipastikan jenis kulit Anda termasuk dalam golongan kering dan kombinasi.



Jenis kulit wajah sendiri pada umumnya berbeda-beda setiap orangnya dan tergantung pada beberapa faktor yaitu kandungan air pada kulit yang akan mempengaruhi kondisi elastisitas suatu kulit, kandungan sebum yang mempengaruhi tingkat kelembutan dan nutrisi kulit dan terakhir adalah tingkat kepekaan kulit kepada suatu zat tertentu. Jenis kulit tersebut akan berubah seiring usia yang bertambah atau karena beberapa faktor lainnya seperti genetik atau sebuah penyakit yang diderita oleh seseorang.


Mengenal jenis kulit dan cara merawatnya, perlu sahabat Maggie ketahui agar perawatannya pun tepat dan Anda dapat menghindari masalah kulit



Kulit wajah normal


Beruntung bagi sahabat Maggie yang menjadi pemilik dari jenis kulit normal ini, karena jenis ini memiliki keseimbangan antara kandungan air dan kandungan minyak sehingga tidak akan terlihat kering atau berminyak. Jenis kulit ini juga biasanya akan terhindar dari beberapa masalah kulit, tidak terlalu sensitif dan pori-pori hampir tidak terlihat.


Sahabat Maggie yang memiliki jenis kulit normal, tidak perlu repot melakukan perawatan dan cenderung mudah. Anda hanya perlu melakukan perawatan sederhana yang memang khusus kulit normal dengan menggunakan sabun pembersih wajah khusus dan menggosok wajah dengan lembut. Pastikan sabun pembersih muka Anda memiliki kandungan yang ringan dan lembut.



Kulit wajah kering


Jenis kulit yang kedua ini adalah jenis kulit kering yang menandakan bahwa lapisan kulit luar kurang memiliki kelembaban dan menyebabkan permukaan kulit akan terlihat seperti retakan.


Ciri-ciri kulit kering biasanya pori-pori tidak akan terlihat, permukaan kulit terlihat kusam dan kasar serta kulit kurang elastis. Jenis kulit kering ini lebih mudah memerah, gatal, bersisik dan keadaan akan semakin parah diakibatkan perubahan hormon, cuaca dingin, sinar matahari, radiasi ultraviolet, mandi menggunakan air panas terlalu lama, penuaan, faktor genetik, penggunaan kosmetik. Untuk mengatasinya, sahabat Maggie perlu melakukan perawatan sederhana berikut ini:

Menggunakan sabun pembersih wajah yang lembut serta tidak mengandung alkohol.

Menghindari mandi atau mencuci wajah menggunakan air hangat dalam durasi yang lama.


Menggunakan pelembab setelah selesai membersihkan wajah dan melakukan perawatan wajah berjerawat.



Kulit wajah berminyak


Jenis kulit wajah berminyak biasanya tidak hanya disebabkan karena faktor genetik tetapi karena sahabat Maggie memiliki wajah yang memproduksi sebum dari kelenjar minyak secara berlebihan. Sebum memang akan membantu melindungi dan melembabkan kulit tetapi sebum yang berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi berminyak dan pori-pori akan tersumbat dan pada akhirnya jerawat akan muncul.


Jenis kulit berminyak akan cenderung memiliki pori-pori yang besar, terlihat berkilau namun kusam disertai komedo, jerawat atau noda hitam. Untuk perawatannya, sahabat Maggie dapat mengikuti langkah berikut ini:


Rajin membersihkan wajah minimal 2 kali dalam sehari pada pagi dan malam hari menggunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan yang lembut.


Menggunakan kertas minyak agar dapat meminimalisir minyak yang berlebihan di wajah.


Menghindari makanan yang tidak sehat seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi gula serta makanan cepat saji.


Menggunakan masker madu, masker telur & lemon, masker lidah buaya, masker tomat, masker almond untuk perawatan kulit berminyak selama 2 kali dalam seminggu.


Menggunakan tabir surya dan pelembab yang bebas kandungan minyak.


Pilihlah produk kosmetik yang berbasis air bukan berbasis minyak terutama saat memilih foundation.



Kulit wajah sensitif


Jenis kulit sensitif ini memiliki tingkat kepekaan yang rendah terhadap beberapa hal, namun lebih sering mengalami alergi atau iritasi karena reaksi dari beberapa faktor tertentu mulai dari lingkungan, makanan serta penggunaan produk kosmetik/perawatan.


Kulit wajah yang sensitif akan lebih mudah mengalami pengelupasan, terbakar, kemerahan, gatal dan kering. Perawatan yang perlu sahabat Maggie lakukan untuk mengatasi kulit wajah sensitif ini mulai sekarang menggunakan produk sabun wajah yang lembut dan mengusapnya dengan lembut. Sahabat Maggie juga dapat mengganti produk perawatan wajah Anda dengan produk yang mengandung lidah buaya, chamomile, teh hijau atau gandum



Kulit wajah kombinasi


Jenis kulit wajah kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering yang biasanya minyak akan terkonsentrasi pada T-zone sementara area pipi kering.

6 views0 comments

Recent Posts

See All